rip Freedom Project: Oleh oleh dari HadYao, Sattahip

Friday, June 30, 2006

Oleh oleh dari HadYao, Sattahip


Oleh oleh yang hampir terlewat adalah kenangan dan pengalaman dari Asia Pacific Jamboree ke 25 yang diselenggarakan di Had Yao, Sattahip. Mengambil tema The Road To Peace Jamboree kali ini diikuti lebih dari 25 negara di dunia, baik dari Eropa Amerika dan Asia Oceania.Pesan besar yang dibawa dari perhelatan ini mencakup bagaimana seorang pramuka sejati memahami praktek dan falsafah dari Perdamaian, Mengerti dan Memahami Keanekaragaman Budaya, serta bagaimana memulai langkah langkah Melindungi dan Memelihara Lingkungan ( Green Policy ).
Indonesia di wakili oleh 140 peserta , dan putra kami kebetulan salah seorang dari Gudep Santa Maria Jakar
ta yang turut bisa merasakan pengalaman bersosialisasi secara global .3 Sub Tema di atas dipraktekkan dan dicoba untuk dipahami dalam kegiatan seminggu bersama rekan rekan pramuka dari mancanegara.Manfaat besar yang paling dirasakan adalah konteks Perdamaian ( Peace ), apa yang bisa dan mampu dilakukan seorang pramuka untuk membuat perdamaian dalam skala mikro?? Sangat sederhana, mencari dan berkenalan dengan orang yang belum kita kenal, dengan membuat relationship secara sengaja, kita mulai tahu satu sama lain, tukar menukar kartu nama, memulai percakapan yang akrab, sehingga mulai terjadi friendship satu dengan lainnya, mulai menyukai bergaul dengan yang lebih spesifik, mungkin karena kesamaan hobby, kesamaan pendapat, atau segala bentuk kesamaan yang lain.Hal hal yang mebuat mereka bersama akhirnya bisa membentuk partnership dalam kelompok kerja, tugas tugas, tantangan tantangan yang harus diselesaikan.Trust tumbuh diantara anggota kelompok sehingga kegiatan korespondensi berlanjut walaupun Jamboree telah berlalu. Brain challenge, Physical chalenge dan Art challenge, semua nya digembleng dalam Jamboree.Semua kontingen menunjukkan kebolehannya dalam bidang seni (tari, suara, lukis, dlsb).

Jamboree telah berlalu, yang selalu tinggal adalah kenangan dan keahlian dasar yang di kembangkan, seperti percaya diri, berani berkenalan dan berasosiasi dengan lingkungan baru, peningkatan dan pemahaman bahasa inggris yang lebih baik, korespondensi positif , mereka sudah saling menanyakan apakah 2007 akan partisipasi di Essex England untuk memperingati 100 tahun Lord Baden Powell ( Bapak Pandu Sedunia ) serta bersamaan dengan World Jamboree ke 21.

Pembekalan secara sengaja melalui sarana sarana /kegiatan positif bukan saja dibutuhkan oleh anak anak / remaja tetapi kita semua.
Pertanyaannya kemana dan dimana kita akan bertumbuh dan mengembangkan diri???
Masuk pramuka
lagi kali ya ?? Yuk senantiasa kita sama sama bagi pengalamanan ....
(foto foto bisa dilihat di links Henry Christina Inc )